PEMIMPIN ROYAL , ANAK BUAH LOYAL

 


PEMIMPIN ROYAL , ANAK BUAH LOYAL

sebuah perbincangan singkat yang mengandung makna dalam 

Sungguh sangat tertarik dengan pernyataan seorang rektor ternama di daerah ini. Ia mengatakan seperti ini. Dalam menempuh pendidikan baik S1, S2, ataupun S3, tidak penting untuk bisa cepat selesai. Tetapi yang paling penting adalah selesainya dengan sukses dan selamat

Ia mengatakan dirinya pendidikan S1 nya ditempuh dalam waktu 3,5 tahun. S2 nya ditempuh 1,5 tahun, tapi S3 nya ditempuh dalam waktu 5 tahun. Tetapi endingya  apa terjadi sekarang saya berada diatas alias menjadi rektor yang membawahi banyak orang - orang senior. 

Lalu apa kaitnnya dengan teori kepemimpinan , sama dengan menjadi seorang pemimpin jangan tergesa gesa untuk mendapatkan atau  mengharapkan pegawai yang loyal . Loyal itu datangnya dari bawah keatas . Bagaimana kemudian bawahan mau melaksanakan tugas dengan pengorbanan yang tulus dan  dengan niat yang murni tanpa dipaksa tetapi ikhlas melaksanakan tugas. Itulah yang namanya loyal.

Sementara "Royal" itu datangnya dari atas kebawah. Jadi, bagaimana mendapatkan pegawai atau staf yang loyal jik pemimpinya tidak royal. Maka kalau menginginkan staf yang loyal, maka pemimpin harus royal.  Bagaimana menurut anda, Itulah akhir perbincangan saya dengan rektor itu yang kemudian dia berlalu pergi  dan mengatakan nanti kita sambung lagi.

Post a Comment

Previous Post Next Post