Alat yang sudah jarang ditemui saat ini

kecuali dikampung di pegunungan sudah jarang ditemui tungku memasak model ini,terbuat dari susunan batubata dan pasir isi semen atau jaman dahulu alat perekat batu bata adalah tanah liat begitu juga rumah jaman dahulu yang terbuat dari batu bata juga alat perekatnya adalah tanah liat semakin kering akan semakin kuat.
berikutnya alat yang jarang kita lihat masa sekarang adalah lampu petromak /strongking,yang sumber tenaganya dari minyak tanah dan ada balon lampu terbuat dari benang halus,cara menghidupkan harus dipancing pakai alkohol atau spritus setelah nyala harus dipompa dan lampu ini gampang mengendur nyalanya sehingga harus dipompa berkali kali.
setrika asap,adalah setrika yan panasnya mengandalkan panas dari arang yang terbakar di dalam setrika,jadi sebelum nyetrika, parang dipanaskan sampai membara terus arang dimasukkan ke setrika lalu setrika ditutup dan di kunci dan setrika siap di gunakan jangan lupa diperiksa arang panas tadi cepat habis panasnya diisi kembali begitu seterusnya.

mesin jahit manual yang digerakan pakai kaki dan juga bisa dipakai obras manual, saat ini mesin jahit seperti ini sudah jarang ditemui.







Post a Comment

Previous Post Next Post